5 game paling mahal

Bagi beberapa gamers, harga 800 ribu rupiah saja sudah berasa berat untuk ukuran video game. Nah, gimana jadinya dengan game-game yang harganya mencapai ratusan juta rupiah? Bukan hanya mahal, game-game ini memiliki kelangkaan yang sangat tinggi dan diincar oleh berbagai kolektor di seluruh dunia https://mattermost.atlassian.net/people/5bc98585a839b0337f7c8b8b.

Game-game mahal ini adalah kumpulan game retro yang ada pada era Atari, NES dan SNES. Tentu bagi kebanyakan orang, game-game ini sudah sangat outdated dan tidak menarik lagi dari berbagai aspek. Tapi bagi beberapa orang, game-game ini menjadi tonggak sejarah industri game dan konsep dasar dari video game zaman sekarang serta layak untuk dibeli dan dijual dengan harga tinggi.

Game-game apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 video game paling mahal dan langka di dunia. Kamu pernah punya yang mana nih?

1. E.T.: The Extra-Terrestrial.
Di pasaran, harga game yang dirilis untuk Atari 2600 ini berada di kisaran $5 - $1.537 atau sekitar 67 ribu hingga 20 juta rupiah. Sebenarnya game ini adalah salah satu penyebab keruntuhan Atari. Karena pada masanya, game ini sangat gagal di pasaran dan menyisakan ratusan ribu copy game yang tidak terjual. Untuk menyembunyikan rasa malu tersebut Atari memilih untuk mengubur E.T. di sebuah tempat pembuangan sampah di Alamogordo, New Mexico https://pyrmin.io/gitlab/Betwin188.Org.

Sampai akhirnya kuburan game ini digali kembali pada tahun 2014 kemarin dan menjadi properti milik Alamogordo, New Mexico sekarang. Karena sejarah kelam Atari tersebut, sehingga game ini disebut memiliki nilai sejarah yang tinggi. Maka dari itu game langka ini dinilai pantas untuk dijual dengan harga 20 juta rupiah. Angka yang terbilang fantastis untuk game yang gagal namun memiliki pesona yang tinggi untuk dikoleksi. Kalau kamu tertarik, kamu bisa membelinya di e-Bay.

2. Atlantis II.
Dihargai $5,000 - $7,000 game ini pertama kali rilis tahun 1982 untuk Atari 2600. Pada masanya Atlantis adalah game sangat populer dan paling banyak dimainkan. Saat itu developer-nya mengadakan kompetisi di mana para gamers diminta memotret layar TV mereka untuk menunjukkan skor tertinggi yang bisa mereka raih. Nantinya, beberapa yang terbaik akan dikirimkan game Atlantis II. Di mana musuhnya jauh lebih cepat dan sulit, ditambah skor yang didapat juga lebih rendah.

Dikarenakan hanya beberapa orang yang memilikinya membuat game ini menjadi salah satu yang paling mahal di dunia. Namun kamu punya peluang besar untuk menjadi kolektor game yang satu ini. Kenapa? Karena cover Atlantis II itu sama dengan Atlantis yang pertama. Pembedanya hanyalah sebuah stiker bertuliskan Atlantis II yang tentunya mudah terlepas. Harga Atlantis I hanya $5 atau 70 ribu rupiah. Jadi kalau kamu menemukan game Atlantis, beli aja dulu. Siapa tahu isinya ternyata game Atlantis II yang bisa kamu jual dengan harga $7.000 atau 90-an juta rupiah.

3. Nintendo Campus Challenge https://gitlab.sgalinski.de/Betwin188.Org.
Game yang dirilis tahun 90-an untuk NES ini dihargai $14.000 - $20.100, atau sekitar 190 juta sampai 273 juta rupiah. Pada awal 90-an Nintendo mengadakan kompetisi di berbagai kampus. Di mana dalam waktu enam menit para pesertanya ditantang meraih nilai sebanyak-banyaknya dalam tiga rangkaian game sekaligus yaitu Super Mario Bros. 3, PinBot dan Dr. Mario.

Setelah kompetisi ini berakhir, Nintendo menghancurkan hampir semua copy-nya. Namun salah satu karyawan mereka menyimpan salah satu copy dan menjualnya seharga $1.000 di garage sale kepada Rob Walters pada tahun 2006. Kemudian Rob kembali menjual game ini kepada salah satu kolektor bernama J.J. Hendricks dengan harga $14.000. Lalu J.J. menjualnya lagi ke e-Bay dengan harga yang makin melejit hingga $20.100 karena diketahui hanya itulah satu-satunya copy yang masih terisa di dunia.

4. Air Raid.
Air Raid dirilis pada 1984 untuk Atari 2600 dan kini dihargai $3.000 - $33.433 atau sekitar 40 juta sampai 450 juta rupiah. Game ini terkenal dengan teka-tekinya ketika pertama kali muncul di pasaran. Karena memiliki wujud yang aneh dengan handle berbentuk T. Game ini pun tidak mempunyai kotak maupun judul. Bahkan nama Air Raid tersebut hanya beredar dari mulut ke mulut serta juga diketahui sebagai satu-satunya game yang dirilis oleh perusahaan bernama Menavision dan hanya ada 12 copy di dunia.

Sampai akhirnya misteri ini terpecahkan pada tahun 2012 oleh Tanner Sandlin yang tidak sengaja menemukan game ini di gudangnya di dalam kotak-kotak https://git.load-page.com/Betwin188.Org tua lengkap dengan box-nya dengan judul Air Raid. Tanner melelang game ini di e-Bay dengan harga $31.600 atau sekitar 420 jutaan.

Di tahun yang sama Harv Bennett yang dulunya memiliki toko game ternyata masih menyimpan copy game Air Raid yang ia dapatkan dari seorang salesman di tahun 1980-an (saat perilisan game). Hal yang mengejutkan adalah miliknya masih lengkap dengan buku manualnya. Diketahui milik Harv adalah satu-satunya copy Air Raid yang lengkap di dunia dan terjual dengan harga $33.433.

5. Stadium Events.
Rilis tahun 1987 untuk NES, kini Stadium Events dihargai dari $2.600 hingga $41.300. Game buatan Bandai ini cukup inovatif pada masanya. Karena dirilis berbarengan dengan karakter interaktif bernama Family Fun Fitness mat untuk berolahraga bersama game ini yang isinya lari dan olahraga lainnya.

Tahun 1988, Nintendo membeli hak cipta dari game ini beserta Family Fun Fitness-nya dan melakukan rilis ulang yang mereka ganti namanya dari Stadium Events menjadi WorldClass Track Meet. Demi menghindari kebingungan di pasaran, Nintendo memutuskan untuk menarik Staidum Events dan menghancurkan copy-nya. Dipercaya hanya tersisa 20 copy saja di dunia https://gitlab.usenet-crawler.com/Betwin188.Org.

Pada tahun 2010, seorang penjual di e-Bay menemukan Stadium Events sehabis membersihkan gudangnya. Kemudian dia melelang dan berhasil menjualnya dengan harga $13.105. Selanjutnya ada juga seorang pria dari Kansas, Amerika Serikat yang berhasil menemukan game ini dengan kondisi masih tersegel. Karena pada saat membeli game ini dia tidak menemukan Family Fun Fitness mat-nya. Kondisi yang masih tersegel itu membuat copy miliknya berhasil dijual dengan harga $41.300 atau sekitar 560 juta-an rupiah. Saking langkanya game ini, bahkan kotak kosongnya saja dihargai $10.000.

Sekian dari artikel 5 game paling mahal, Terima kasih.

Latest